Lokasi
Beranda > Foto > Disdukcapil Harus Berperan Aktif Mengawasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

Disdukcapil Harus Berperan Aktif Mengawasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

 

Sukabumi, jabar.pks.id — H. Tate Qomaruddin, anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, menyoroti masalah warga negara asing ilegal yang masuk ke Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut disampaikannya saat memimpin kunjungan kerja Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi terkait monitoring sistem kependudukan, pada Senin (13/2).

 

“Masuknya tenaga kerja asing ilegal ini, kan, salah satu dampak dari kebijakan bebas visa beberapa negara. Saya sebagai orang PKS (Partai Keadilan Sejahtera –red) sudah menyampaikan ke fraksi PKS di DPR RI supaya ada peninjauan kembali tentang bebas visa ini, karena ternyata banyak yang menyalahgunakan,” terangnya.

 

Ketika ditanya tentang perlunya bekerja sama dengan pihak imigrasi, Tate mengatakan bahwa hal tersebut sudah pasti harus dilakukan. Namun, sebagai anggota legislatif, dia mendorong agar peraturan tentang tenaga asing diperjelas dan dipertegas terlebih dahulu.

 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi H. Sofyan Effendy mengucapkan terima kasih atas masukan dari Tate dan anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat. Kesempatan ini juga digunakan oleh Sofyan untuk menyampaikan aspirasinya.

 

“Saya mengapresiasi dan menghaturkan terima kasih atas kunjungan komisi 1 DPRD Jawa Barat dan ini menjadi motivasi bagi kami. Mudah-mudahan aspirasi kami, apa yang menjadi kendala dalam pelayanan publik, khususnya pelayanan administrasi kependudukan dapat disampaikan ke pemerintah pusat dan bisa secepatnya dapat diatasi,” harap Sofyan. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top