Lokasi
Beranda > Berita > Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, PKS Berharap Masyarakat Semakin Mencintai Warisan Ulama

Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, PKS Berharap Masyarakat Semakin Mencintai Warisan Ulama

Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu
Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu

Bandung, jabar.pks.id – Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Barat menggelar Lomba Baca Kitab Kuning tingkat provinsi di aula kantor DPW PKS Jawa Barat, Bandung, Kamis (14/4). Lomba ini merupakan salah satu rangkaian acara milad ke-18 PKS. Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu berharap lomba ini menambah kecintaan masyarakat terhadap kitab-kitab klasik rujukan umat Islam itu.

“Semoga lomba ini ikut menyemangati kaum Muslimin, khususnya para pemuda, untuk membaca kitab-kitab yang menjadi rujukan masyarakat. Pada lomba kali ini, kitab yang dibaca adalah Fathul Mu’in,” ujarnitu

Membaca kitab secara langsung, lanjut pria yang juga menjabat sebagai wakil walikota Bekasi itu, memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya melatih kesabaran dalam menjalani proses belajar.

“Dengan membaca kitab berarti kita belajar dari sumbernya secara langsung. Sehingga pengetahuan yang kita dapatkan merupakan hasil kajian dari khasanah peninggalan para ulama,” terangnya.

Lomba kali ini diikuti 27 peserta dari seluruh kota dan kabupaten se-Jawa Barat. Mereka merupakan pemenang yang berhasil mengungguli ratusan peserta lomba tingkat kabupaten dan kota pada Minggu (10/4) lalu. Pemenang tingkat provinsi ini akan mengikuti grand final di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta, pada Minggu (24/4).

Juara 1, 2, dan 3 lomba ini masing-masing akan mendapat hadiah sebesar 10 juta, 7,5 juta, dan 5 juta rupiah. Untuk juara harapan 1, 2, dan 3, masing-masing akan mendapat hadiah 3 juta, 2 juta, dan 1 juta rupiah. Bertindak sebagai dewan juri, yaitu Drs. KH. Djalaludin Assyatibi, Dr. KH. Mujio Nurkholis, M.Ag (MUI), dan Dr. KH. Asep Arifin, M.Ag. Acara ini merupakan hasil kerja sama Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, DPW PKS Jawa Barat, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top