Lokasi
Beranda > Berita > Kota/Kabupaten > Is Budi: Sampah Punya Nilai Ekonomi Lebih Tinggi di Tangan Orang Kreatif

Is Budi: Sampah Punya Nilai Ekonomi Lebih Tinggi di Tangan Orang Kreatif

isbudi

 

Kabupaten Bogor, jabar.pks.id – Sampah ternyata tidak melulu menjadi sumber masalah. Jika memiliki ide kreatif untuk mengolahnya, sampah bisa mendatangkan manfaat secara ekonomi. Hal tersebut disampaikan Drg. Hj. Is Budi Widuri, M.M saat perayaan Hari Bumi Sedunia yang diselenggarakan Komunitas Bank Sampah Harum Sari, Sabtu (30/5), di Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

“Sampah dapat memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi di tangan orang-orang kreatif,” ujarnya.

Anggota legislatif (aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan bahwa sampah bisa dikemas menjadi barang kerajinan. Hal ini telah dibuktikan oleh tujuh komunitas bank sampah yang mengikuti lomba kreasi sampah non-organik. Mereka berasal dari desa di Kecamatan Gunung Putrid an Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan ini, aleg dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor itu juga mengingatkan pentingnya membangun kesadaran masyarakat untuk memperlakukan sampah dengan benar. Konsep yang dipakai adalah 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

“Konsep 3R ini demi kelangsungan hidup bersama,” pungkasnya.

Masyarakat tampak antusias mengikuti acara ini. Tokoh masyarakat, baik dari elemen pemerintahan maupun komunitas, juga terlihat hadir. Beberapa di antaranya adalah wakil kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor, para ketua komunitas bank sampah, dan tokoh masyarakat desa setempat. (DLS)

*berita ini diolah dari https://pksbogor.id/

Baca juga

Leave a Reply

Top