Lokasi
Beranda > Berita > Kabupaten Tasik Juara Lomba Baca Kitab Kuning

Kabupaten Tasik Juara Lomba Baca Kitab Kuning

851302062_41113

Bandung, jabar.pks.id – Sebanyak 27 orang peserta hasil seleksi dari kota dan kabupaten se-Jawa Barat mengikuti semi final Lomba Baca Kitab Kuning tingkat provinsi di aula kantor Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Kamis (14/4). Peserta dari Kabupaten Tasik berhasil menjadi juara pertama, disusul Juara II Kabupaten Cianjur, Juara III Kabupaten Ciamis, Juara Harapan I Kabupaten Garut, Juara Harapan II Kota Bekasi dan Juara Harapan III Kota Bogor. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara milad ke-18 PKS.

Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu berharap lomba ini bisa menambah kecintaan masyarakat dalam melestarikan dan mempelajari kitab kuning. “Kami ucapkan selamat kepada para juara dan terimakasih kepada semua pihak atas partisipasnya pada kegiatan ini. Selamat bertanding pada grand final, semoga Jawa Barat menjadi juara pertama tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Kitab Kuning Tingkat Provinsi Abdul Muiz menyatakan total peserta 389 orang, kemudian diseleksi menjadi 27 orang. Juara pertama pada semi final tingkat provinsi ini akan dikirim ke grand final di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta, pada Minggu (24/4).

Lebih lanjut Abdul Muiz menyatakan tujuan lomba ini diantaranya untuk memberikan apresiasi kepada para ulama serta para santri yang secara intens dan tekun penuh semangat mendalami kitab kuning di pesantren-pesantren, majlis taklim, maupun lembaga keislaman. Melalui lomba kitab kuning ini bisa terjalin silaturahim dengan ulama, cerdik cendekia dan kaum santri.

“Untuk para juara berhak mendapat uang pembinaan dan piala. Juara pertama mendapat hadiah sebesar sepuluh juta rupiah, juara kedua tujuh juta lima ratus ribu rupiah, dan juara ketiga sebesar lima juta rupiah. Selanjutnya untuk juara harapan ke satu sebesar tiga juta rupiah, juara harapan ke dua sebesar dua juta serta juara harapan ke tiga mendapatkan satu juta rupiah,” pungkasnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mewakili Gubernur Jawa Barat. Tampak hadir pada acara ini Ketua DPP Bidang Wilayah Dakwah Banten, Jakarta dan Jawa Barat (Banjabar) Tate Qomaruddin, dan para tamu undangan ormas Islam Jawa Barat, diantaranya NU, PUI, Muhammadiyah, Al Wasliyah dan Perti. Bertindak sebagai dewan juri Drs. KH. Djalaludin Assyatibi, Dr. KH. Mujio Nurkholis, M.Ag (MUI), dan Dr. KH. Asep Arifin, M.Ag. Acara. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top