Lokasi
Beranda > Berita > Jawa Barat > Ke Pesantren Buntet, Syaikhu Mengenang Saat-Saat Nyantri

Ke Pesantren Buntet, Syaikhu Mengenang Saat-Saat Nyantri

syaikhu_050817

 

 

Cirebon, jabar.pks.id – Padatnya aktivitas tidak menghalangi Ahmad Syaikhu menghadiri Haul XIII KH. Fuad Hasyim, pada Sabtu (5/08/2017), di Pondok Pesantren Nadwatul Ummah, Buntet, Cirebon, Jawa Barat. Meski sudah mendekati tengah malam, sosok yang akan mewakili PKS di pilgub Jawa Barat itu tetap terlihat bersemangat. Senyumnya mengembang ketika menyalami tokoh-tokoh masyarakat yang hadir.

 

Syaikhu, yang semasa kecilnya nyantri di Pesantren Buntet, mengaku bahagia bisa bertemu dengan para kiyai. Kesempatan ini juga dia gunakan untuk meminta nasehat dari para sesepuh pesantren.

 

“Iya, waktu kecil nyantri di sini. Saya menikmati bisa kembali merasakan suasana pesantren. Saya juga mendapat masukan dari guru-guru,” ujarnya.

 

Wakil walikota Bekasi itu lalu mengenang gurunya, KH. Fuad Hasyim. Dalam ingatannya, ceramah-ceramah gurunya itu sangat membekas di hati para santri. Kharisma gurunya mampu memotivasi para santri untuk belajar dan sukses.

 

“KH. Fuad Hasyim itu kiyai kharismatik, khususnya di bidang dakwah. Ceramah-ceramah beliau sangat menggugah dan luar biasa, memberi motivasi kepada para santri, sehingga banyak yang terbangkitkan semangatnya untuk belajar dan sukses. Itu semua bermula dari pesantren,” kenangnya.

 

Syaikhu, yang saat ini mengemban amanah sebagai ketua DPW PKS Jawa Barat, memang punya ikatan emosional yang kuat dengan Cirebon. Putra kelima pasangan KH. Ma’some bin Aboelkhair dan Nafi’ah binti Thohir ini lahir pada 23 Januari 1965 di Desa Ciledug Kulon, Kabupaten Cirebon. Dia melalui masa kecil hingga SMA di Cirebon. Barulah setelah taman SMA, dia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jakarta.

 

Semakin dewasa, kepedulian Syaikhu kepada masyarakat semakin besar. Maka wajar, pada 2004, PKS meliriknya untuk menyuarakan kepentingan masyarakat di gedung parlemen. Syaikhu kemudian duduk sebagai anggota DPRD Kota Bekasi periode 2004-2009 dan ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat periode 2009-2013. Pada pilkada 2013, PKS memberinya tiket untuk maju di pilkada Bekasi. Kesempatan ini digunakan dengan baik, sehingga dia dipercaya masyarakat untuk menjadi wakil walikota Bekasi periode 2013-2018. Nah, saat ini, namanya mulai ramai dibicarakan sebagai sosok yang akan mewakili PKS di pilgub Jawa Barat pada 2018 mendatang. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top