Lokasi
Beranda > Berita > Jawa Barat > Masyarakat Harus Fokus Pada Penyelesaian Masalah

Masyarakat Harus Fokus Pada Penyelesaian Masalah

 

danar

 

Bandung, jabar.pks.id – Menghadapi masalah merupakan sebuah kepastian dalam hidup. Tidak ada orang yang benar-benar terbebas dari masalah. Dan suatu masalah tidak akan selesai hanya dengan membicarakannya. Karenanya masyarakat harus bergerak dari sekadar “membicarakan masalah” menuju “penyelesaian masalah”. Demikian ungkap Danar Ajipratomo, S.Si., saat mengisi pelatihan “Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah”, pada Sabtu (19/10), di aula Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Barat.

 

“Masyarat jangan hanya fokus pada penyelesaian masalah, tapi juga harus fokus pada aset yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah. (Aset untuk menyelesaikan masalah) tidak harus datang dari diri sendiri, tapi bisa jadi dari orang lain,” kata Danar.

 

Untuk menyelesaikan masalah, lanjut Danar, setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan. Keempatnya adalah mengidentifikasi persoalan, mengalanisa penyebab, menganalisa solusi, dan mengimplementasikan solusi tersebut. Keempat hal ini perlu dilakukan supaya masyarakat tidak hanya berhenti pada kegiatan membicarakan masalah, tapi fokus pada penyelesaiannya.

 

ridho-budiman

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPW PKS Jawa Barat Ridho Budiman Utama menekankan pentingnya metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Dan itu harus dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

 

“Tantangan ke depan akan semakin berat, sehingga perlu ketekunan, penanganan secara komprehensif, dan metode yang tepat. Dan menyelesaikan masalah itu dimulai dari keluarga dan lingkungan terdekat,” ujarnya.

 

Sementara itu, Sari Sundari, ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga  (BPKK) DPW PKS Jawa Barat, berharap pelatihan ini menjadi bekal bagi kader PKS untuk berkiprah di masyarakat. “Semoga kita bisa lebih bijak dalam menangani permasalahan di masyarakat,” tutupnya.

 

Acara yang diadakan oleh BPKK DPW PKS Jawa Barat ini dihadiri oleh perwakilan BPKK dari 27 kota dan kabupaten di Jaw Barat. Pelatihan ini merupakan salah satu program PKS untuk membekali kadernya supaya berkontribusi maksimal di masyarakat. Sebelumnya, PKS juga telah menjalankan banyak program kemasyarakatan, seperti Pencerah Desa, Ruang Riung, Tunas Integritas, Indonesia Mengajar, dan Penyala Muda. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top