Lokasi
Beranda > Berita > Nelayan Muara Angke Curhat Dampak Reklamasi ke Sohibul Iman

Nelayan Muara Angke Curhat Dampak Reklamasi ke Sohibul Iman

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman
Jakarta (23/4) – Kedatangan Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman ke Blok Empang di Muara Angke, Jakarta Utara dimanfaatkan warga setempat untuk menyampaikan keluhan soal dampak reklamasi pantai utara Jakarta. Karena reklamasi, kehidupan nelayan Muara Angke menjadi lebih sulit.
Sohibul Iman bersama jajaran pengurus DPP PKS dan sejumlah anggota FPKS DPR dan DPRD DKI tiba di Blok Empang, Muara Angke, Jakarta Timur sekitar 09.30 WIB pagi tadi, Sabtu (23/4/2016).  Begitu tiba, Sohibul Iman langsung berjalan menuju ke tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan milik warga.
“Saya mau lihat Pulau G reklamasi, katanya terlihat dari sini,” ujar Sohibul Iman yang datang dengan gaya santai, bercelana training abu-abu dan berbaju kaos hitam.
Saat pria yang akrab disapa Kang Iman ini sampai di tempat sandaran kapal, tampak kesibukan aktivitas nelayan yang baru saja tiba dari melaut. Seorang warga yang dihampiri Kang Iman mengeluhkan keberadaan reklamasi Pulau G yang telah mengganggu kehidupan mereka.
“Iya nih Pak, nelayan jadi susah. Sebelumnya (kami melaut, red) dekat untuk ambil ikan. Padahal sebelumnya mudah, sekarang harus memutari pulau dulu. Laut jadi dangkal. Kerang juga nggak ada karena ketutupan pasir,” keluh warga sambil menunjukkan Sohibul Iman ke arah reklamasi pulau G.
Menanggapi curhatan warga, Sohibul Iman mengatakan, telah memerintahkan kader PKS di DPRD DKI untuk menindaklanjuti permasalahan yang dikeluhkan masyarakat nelayan Muara Angke.
“Saya meminta Bang Sani (Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana, red) sebagai anggota DPRD DKI untuk tindak lanjuti keluhan warga soal reklamasi pulau G yang banyak susahkan warga,” jelas mantan wakil ketua DPR RI ini.
Pada kesempatan itu, Sohibul Iman sempat turun ke atas salah satu kapal nelayan yang baru bersandar. Kepada nelayan di kapal itu, Sohibul mengapresiasi hasil tangkapannya.  Bahkan Sohibul Iman memborong hasil tangkapan sang nelayan
“Ya sudah dihitung saja semuanya. Saya borong saja ikannya,” cetus Sohibul Iman.
Sohibul Iman berkunjung ke Muara Angke didamping Sekjen PKS Mustafa Kamal, Wasekjen Abdul Hakim, Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Petani, dan Nelayan (BKPN), anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasludin, anggota DPR RI dapil Jakarta Utara Adang Daradjatun, dan anggota FPKS di DPRD DKI.
Reklamasi laut utara Jakarta sudah berjalan sejak lama. Namun saat ini proyek pembangunan tersebut menjadi kasus hangat. Penolakan dari berbagai pihak bermunculan karena proyek pembangunan reklamasi berdampak buruk terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Jakarta yang berprofesi sebagai nelayan. Pemerintah telah memerintahkan Pemprov DKI Jakarta untuk menghentikan sementara proyek pembangunan tersebut
Baca juga

Leave a Reply

Top