Lokasi
Beranda > Berita > Kota/Kabupaten > Pasca Banjir Bandang, PKS Garut Terjunkan Relawan Bersihkan Lumpur

Pasca Banjir Bandang, PKS Garut Terjunkan Relawan Bersihkan Lumpur

Relawan PKS membersihkan lumpur yang mengotori rumah warga
Relawan PKS membersihkan lumpur yang mengotori rumah warga

Garut, jabar.pks.id  – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Garut menurunkan sebanyak 100 relawan pada Kamis (22/9). Menurut Ketua Bidang Kepanduan DPD PKS Kabupaten Garut Saefulloh Munarok, para relawan dikerahkan untuk membantu membersihkan jalanan, halaman rumah, dan fasilitas umum yang kotor akibat lumpur tebal dan puing-puing reruntuhan pasca banjir bandang.

 “Gotong royong yang dilakukan relawan PKS membersihkan lumpur dan puing-puing untuk meringankan beban warga korban banjir. Sebanyak 100 relawan PKS kerja bakti di Kampung Sukapadang dan halaman RSU,” katanya.

Membantu korban bencana, tambah lelaki yang akrab disapa Saeful itu, sudah merupakan tradisi bagi keluarga besar PKS.

“Sebenarnya kegiatan seperti ini sudah biasa dilakukan PKS. Di mana ada bencana, di situ biasanya ada relawan PKS yang membantu. Termasuk di sini (di Kampung Sukapadang, red). Ini khidmat PKS kepada rakyat,” ujarnya.

Para relawan PKS ini membersihkan sisa lumpur tebal dan puing-puing reruntuhan pasca banjir sehari yang memporak-porandakan rumah warga, fasilitas kantor, dan RSU di Kampung Sukapadang, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat. Lumpur dan puing-puing sisa banjir ini menutup akses jalan menuju rumah warga dan gang-gang perumahan.

“Kemarin, kan, saya nyuci baju bekas kebanjiran di kali. Karena banyak, mau diangkut pake motor. Susah, tidak bisa jalan, kehalang puing kayu besar,” ujar seorang warga setempat bernama Wildan Nurfahmi. (Nurwan/Andi/DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top