Lokasi
Beranda > Berita > Wagub Jabar Ajak Umat Introspeksi dan Tingkatkan Keimanan

Wagub Jabar Ajak Umat Introspeksi dan Tingkatkan Keimanan

YAN_6170web

Kabupaten Tasikmalaya, jabar.pks.id — Dalam sejarah umat Islam, Isra dan Mi’raj adalah peristiwa penting. Pada peristiwa Isra, Nabi Muhammad SAW ‘diberangkatkan’ oleh Allah SWT dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Pada peristiwa Mi’raj, Nabi Muhammad SAW ‘dinaikkan’ ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Isra Mi’raj pun terjadi dalam waktu satu malam saja.

 

Bagi umat Islam, peristiwa tersebut sangatlah berharga, karena pada peristiwa inilah sholat lima waktu diwajibkan.

 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menilai, peringatan Isra Mi’raj saat ini dapat dimaknai sebagai momentum umat Islam melakukan instropeksi diri. Dalam hal meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT.

“Pada peristiwa Isra Mi’raj pertama kali diajarkan sholat. Sholat adalah tiang agama. Kita jadikan moment ini sebagai penguatan moralitas dan interegitas diri sehingga tidak terjebak pada kegiatan keji dan mungkar,” ucap Deddy pada acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang dirangkaikan dengan kegiatan Tabligh Akbar, Bhakti Sosial Khitanan Masal & Peresmian Aula Masjid Jami Pusaka Safarwadi, di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (5/5/16).

Deddy pun  menyambut baik terlaksananya rangkaian kegiatan tersebut, yang juga dapat menjadi wahana pengembangan nilai spiritual masyarakat, guna mengembangkan nilai sosial, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbudaya luhur.

Berkaitan dengan kegiatan bakti sosial khitanan masal, yang diikuti sekitar 40 anak dari desa setempat, merupakan kegiatan yang memiliki makna dan tujuan pada lingkup kemanusiaan, yang sekaligus terkait erat dengan urusan Illahiah.

Sementara itu, penambahan aula masjid Jami Pusaka Safarwadi merupakan bukti kongkrit tentang partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mampu memberdayakan fungsi masjid seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Dimana selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, juga menjadi pusat aktivitas umat Muslim.

“Oleh karena itu, ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami berikan kepada Pusaka Karomah Safarwadi Pamijahan. Semoga masyarakat secara umum mendapat spirit baru untuk meningkatkan kualitas hidup,” tutup Deddy.

Turut hadir pada acara Jajaran Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, para sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, serta para inohong.

Baca juga

Leave a Reply

Top